Liburan!

Liburan. Satu kata sakti yang terdengar begitu menyenangkan. Meninggalkan segala beban dan jemu di belakang. Sejenak lari dari lelah dan penat.

Begitupun aku, setelah beberapa hari menyibukkan diri menyusun segala rencana perjalanan, menyimpan tiap pundi hasil bekerja agar tuk laksanakan barang satu atau dua hari yang menyenangkan, akhirnya hari ini tiba. Kalender di meja telah mengingatkan dengan gembira. Sudah waktunya!

Akhirnya. Komputer telah dimatikan. Berbagai tugas dengan tenggat waktu padat sudah tersingkirkan. Diganti oleh bayangan ransel di sudut kamar, beserta tiket kereta di atas meja. Akhirnya, tiba masa sepasang kaki tak lagi menuju kantor tempat segala rutinitas yang kadang terasa menjemukan.

Akhirnya, tiba masa mata tak hanya menatap layar komputer dengan cahaya yang membuatnya lelah. Akhirnya, sepasang mereka mampu melihat pemandangan baru yang jauh lebih menyegarkan. Akhirnya, tubuh mampu disandarkan –bukan ke punggung kursi kerja– tapi ke kursi di dalam kereta yang walaupun lebih keras, kenapa rasanya lebih menyenangkan?

Sepasang kaki yang telanjang menapaki pasir-pasir putih hangat habis terkena matahari pagi. Betapa sibuk menghirup udara pantai dengan penuh rasa syukur, akhirnya yang dihirup bukan lagi udara ampas setelah tercampur polusi udara.

Sepasang kaki yang telanjang membiarkan dirinya terkena gelitikan ombak yang menyapu bibir pantai. Menikmati setiap desah angin dan samar-samar suara anak yang menjajakan layang-layang.

Menatap matahari terbenam, menikmati langit berbintang yang biasanya terhalang asap, merasakan angin membelai setiap inci tubuh.

Lalu kubuka mata.
Ternyata yang kulihat masih layar komputer penuh data. Ternyata angin yang membelai hanya bayangan saja.

Dan aku, masih belum kemana-mana.

Bogor, 24 November 2016
16.42 WIB

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s